Minggu, 20 Oktober 2013

Review: Someone Like You - Kaka HY

Someone Like You
Penulis: Kaka HY (@kakahy)
Penerbit: Gagasmedia
Tebal: 371 halaman
ISBN (10): 979-780-660-X
ISBN (13): 978-979-780-660-6

"Aku akan menyanyikan sebuah lagu. Namun, kuharap kau bisa mengindahkan air mataku yang sewaktu-waktu menetes karenanya. Aku tak bisa mengendalikannya, terutama karena lagu ini yang teramat pribadi untukku.

Apalagi ketika petikan gitar terdengar sendu di telinga, membawakan intro lagu ini, aku pun mengingat semuanya - setiap detailnya.

Tentang hati yang teriris tipis-tipis.
Tentang dusta pada diri sendiri.
Tentang cemburu yang terlalu.

Tentang perasaan kehilangan seseorang...yang mencintai orang lain."

Pertama-tama aku ingin mengucapkan terima kasih kepada Bukune yang sudah mengadakan segmen Arisan Buku yang memberikan kesempatan kepada Klub Arisan Buku Belapan untuk mendiskusikan dan me-review salah satu buku terbitannya seperti yang tertera pada gambar di atas. Ditambah dengan motivasi dari koordinator Nulis Buku Club Universitas Sriwijaya, Rido Arbain, yang sudah menjalani hobi review ini lebih dahulu, akhirnya aku memutuskan untuk melakukan hal yang sama. Setidaknya buku yang tergeletak di rumah tidak akan busuk setelah kita baca jika kita melakukan review, kan?

Okeee dan kita akhiri basa-basinya.

Setelah melihat judul yang tertera di front cover, yang terbesit dalam pikiranku hanya satu: "Ini judul lagu Adele."

Setelah terbuai oleh keindahan sampul buku: tone warna, tata letak dan font yang pas, aku meluncur ke bab 1. Dalam buku ini diselipkan kutipan-kutipan lirik lagu rock lawas mulai dari lokal hingga mancanegara yang mewakili cerita tiap bab-nya. Seperti kutipan lirik lagu Shine oleh Mr. Big berikut:

I never really feel quite right
and I don't know why,
all I know is something's wrong
Every time I look at you, you seem so alive
Tell me how you do it, walk me through it,
I'll follow in every footstep
Shine, shine down on me
Shine on this life that's burning out

Gadis itu, Mila, yang baru saja pindah ke kawasan rumah kontrakan di salah satu sudut Jogja bersama ibunya, harus membiasakan diri lagi dengan perubahan. Pemandangannya kini tak lagi sama. Begitu pun dengan tetangga yang berada persis di sebelah rumahnya: Riki.

Dan kesan pertama Mila terhadap cowok itu tak terlalu bagus.

Riki dan Mila pun akhirnya dekat, karena paksaan halus bernama 'tetangga dekat' yang notabene-nya dibutuhkan dan membutuhkan satu sama lain karena jarak yang hanya sedikit.

Mila yang pemalu begitu kontras dengan Riki yang supel. Namun tak menyurutkan niat Riki untuk terus menelisik Mila yang begitu misterius di matanya.

Masa lalu Mila perlahan terkuak. Masa lalu yang membuatnya menjadi tertutup, tak ingin menarik perhatian dan tak ingin menyanyi lagi, seperti masa-masa jayanya waktu kecil dulu. Yang membuat Mila dan Ibunya kini hanya tinggal berdua. Yang membuat Mila kini menahan rindu yang teramat sangat pada sang Ayah.

Someone Like You ini sederhana. Namun lembut dan mengalir. Setiap paragraf menjelaskan secara detil per kejadian. Bahasa yang digunakan pun ringan dan mudah dicerna. Narasi yang mendetil itu pun benar-benar menggambarkan kejadian dengan jelas.

Menurutku, layout yang disuguhkan untuk menemani lirik lagu di setiap awal babnya itu sangat memanjakan mata. Latar awan yang digunakan sangat cocok untuk kutipan lagu yang mewakili setiap awal cerita.

Dan untuk cover/sampul buku, Gagasmedia tidak pernah mengecewakan dalam pemilihan desain gambar dan warna, serta tata letak tulisan aku rasakan tepat letaknya. Begitu pun dengan pemilihan font.

Dengan temanya yang begitu remaja, buku ini sangat direkomendasikan oleh teman-teman pembaca usia pelajar SMP hingga SMA. Buku ini bisa menjadi selingan yang menarik, dibandingkan dengan hanya bergalau ria di Twitter, tebar kode dan enggak direspon sama si doi.

Yak, sekian review pertamaku. Akan ditingkatkan lagi di review berikutnya.

Happy reading. ^^

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar