Minggu, 10 Agustus 2014

Buku-Buku Penulis Indonesia yang Diterbitkan di Luar Negeri

Sebanyak 1.219 penerbit tercatat sebagai anggota IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia), dengan total penerbit aktif sebanyak 800 penerbit. Dan dengan jumlah penerbit yang tidak sedikit, IKAPI memperkirakan sekitar 30.000 judul buku yang diterbitkan setiap tahunnya di Indonesia.

Terhitung cukup banyak buku-buku terbitan Indonesia yang telah diekspor ke luar negeri dan mengharumkan nama Indonesia di mata dunia. Dilihat dari persentasenya, angka ekspor buku dari Indonesia ke berbagai negara adalah sebesar 19% per tahun sepanjang 2007-2012.  Buku-buku berikut adalah sebagian yang telah diterbitkan di luar negeri dan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa:

1. Tetralogi Buru – Pramoedya Ananta Toer

Sumber: Daun Lontar
Siapa yang tidak kenal Pramoedya Ananta Toer? Penulis legenda yang karyanya sempat dicekal oleh negaranya sendiri ini sudah menerbitkan ratusan buku dan kebanyakan dari buku sudah diterjemahkan dan diterbitkan dalam berbagai bahasa di luar negeri. Salah satunya adalah Tetralogi Buru yang terdiri dari empat buku: Bumi Manusia (diterjemahkan menjadi This Earth of Mankind (Penguin Books, 1983)), Anak Semua Bangsa (Child of All Nations (Penguin Books, 1991)), Jejak Langkah (Footsteps (Penguin Books, 1996)) dan Rumah Kaca (House of Glass (Penguin Books, 1997)). Dilansir dari beberapa sumber, Tetralogi Buru telah diterjemahkan dalam 36 bahasa. Karya almarhum yang satu ini berhasil membuat namanya dikenal di kalangan sastrawan tingkat dunia.

2. Laskar Pelangi – Andrea Hirata
Laskar Pelangi (2005)
Buku pertama dari Tetralogi Laskar Pelangi ini menceritakan tentang perjalanan hidup 10 orang anak yang menjalani kehidupan pendidikan di sebuah sekolah Muhammadiyah daerah Belitung. Sukses dengan film layar lebar (25 Desember 2008) ternyata tidak membuat popularitas karya ini surut. Total sebanyak 20 penerbit dari berbagai negara sudah menerbitkan Rainbow Troops (versi Bahasa Inggris dari Laskar Pelangi), mulai dari Amerika Serikat, India, Australia, Bangladesh dan berbagai negara Asia dan Eropa lainnya. Buku ini dapat ditemukan di 79 negara dan berhasil meraih label Best Seller di negara tempat cetakan Bahasa Inggris pertamanya beredar, yaitu Turki.

3. Cantik Itu Luka – Eka Kurniawan  

Cantik Itu Luka (2004)
Buku yang ditulis oleh penulis asal Tasikmalaya ini awal terbit pada tahun 2002 dengan kerjasama Akademi Kebudayaan Yogjakarta dan Penerbit Jendela dan diterbitkan kembali pada tahun 2004 oleh Gramedia Pustaka Utama. Buku yang bercerita tentang pelacur di akhir masa kolonial dengan empat orang anak perempuan ini mengisahkan keinginan sang pelacur untuk memiliki anak perempuan terakhir yang buruk rupa. Pada tahun 2006, atas usaha Ribeka Ota, buku ini terbit dalam versi bahasa Jepang di bawah naungan penerbit Shinpu-sha.

4. Habibie & Ainun – B. J. Habibie
Habibie & Ainun (2010)
Kisah cinta antara mantan presiden Indonesia dan istrinya yang mengharukan ini telah terjual sebanyak total lebih dari dua ratus juta kopi di seluruh dunia. Buku yang diangkat ke dalam layar lebar ini sudah diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris, Jerman, Arab dan Mandarin, menyusul kemudian dalam bahasa Jepang yang sedang dalam proses penggarapan. Filmnya sendiri sudah ditonton lebih dari 4,5 juta penonton. Buku yang sangat inspirasional ini berhasil mendulang banyak apresiasi dari para pembacanya.

5. Negeri 5 Menara – Ahmad Fuadi


Karya yang sudah memperoleh label best-seller ini merupakan buku pertama dari trilogi novelnya. Buku yang masuk salah satu nominasi Khatulistiwa Literary Awards ini berhasil menggaet penerbit asal Malaysia, PTS Litera untuk menerbit Negeri 5 Menara dalam versi bahasa Melayu. 

6. The Chocolate Chance – Yoana Dianika

The Chocolate Chance (2013)
Merupakan salah satu edisi dari seri Love Flavour yang diterbitkan oleh Bentang Pustaka. Yoana Dianika sudah banyak menuliskan novel fiksi dan salah satu di antara karyanya mendapatkan gelar juara dari sebuah lomba yang digagas oleh lini Bentang Pustaka, yaitu Bentang Belia. Buku The Chocolate Chance kemudian diterbitkan di Malaysia oleh Lejen Press dengan judul Coklat: Manisnya Cintamu Hangat Merengkuhku pada bulan April 2014.

7. 3600 Detik – charon

3600 Detik (2008)
Buku yang hingga saat ini sudah berada pada cetakan ketigabelas ini merupakan salah satu buku best seller yang diadaptasi ke layar lebar. Di Indonesia, sampulnya sudah berganti sebanyak dua kali. Karena ketenarannya itu pula, buku ini diterjemahkan ke dalam bahasa Melayu oleh penerbit Malaysia dengan judul 3600 Saat yang terbit pada tahun 2009.

Sudah seharusnya untuk bangga atas prestasi pribumi di negeri orang. Lantas, karya siapa lagi yang berhasil menjajal pasar luar negeri? Semoga akan ada banyak penerus bangsa yang bisa melanjutkan perjuangan penulis-penulis kawakan yang sudah lebih dahulu berjuang.


Sumber:
- Blog Eka Kurniawan

10 komentar:

  1. kalau gak salah 3600 Detik-nya Charon ada terbit di Malaysia juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya, aku baru googling dan nemu itu. Makasih infonya. :D

      Hapus
    2. sebenarnya masih ada beberapa lagi yg kuingat. Kayak Supernova. terus buku2nya Mochtar Lubis juga. Masih ada beberapa lagi sih, cuma aku lupa judul sama pengarangnya :p

      Hapus
    3. Supernova tadinya masuk list-ku. Berhubung datanya kurang, aku masih ragu mau masukkin atau nggaknya. Sempet mau masukkin Pasung Jiwa Okky Madasari juga, tapi data masih kurang. :|

      Hapus
  2. Balasan
    1. Makasih udah mampir. Ini mungkin belum semua buku ter-cover. :)

      Hapus
  3. Akkk lagi nyari buku dan nyampe ke sini. Makasiiii udah share ya

    http://www.msmahadewi.com

    BalasHapus
  4. aq mengenal orangnya tapi tidak mengenal judul bukunya.. si pengarang tidak mninggalkn jejak dalm karyanya. Buku tersebut prnh best seller Di negri jiran. Beliau asli kelahiran bumi pertiwi
    Klo ada yg tahu tolong share ya..

    BalasHapus
  5. aq mengenal orangnya tapi tidak mengenal judul bukunya.. si pengarang tidak mninggalkn jejak dalm karyanya. Buku tersebut prnh best seller Di negri jiran. Beliau asli kelahiran bumi pertiwi
    Klo ada yg tahu tolong share ya..

    BalasHapus