Senin, 21 Oktober 2013

Review: The Chronicles of Audy: 4R - Orizuka

The Chronicles of Audy: 4R
Penulis: Orizuka (@authorizuka)
Penerbit: Haru
Genre: Family, comedy
ISBN: 978-602-7742-21-5
Tebal: 320 halaman
Harga: Rp 53.000,-
Terbit: Juli 2013
(Sumber: Penerbit Haru)

"Hai. Namaku Audy. Umurku 22 tahun. Hidupku tadinya biasa-biasa saja, sampai kedua orangtuaku jatuh bangkrut karena ditipu.
Aku hanya tinggal dengan selangkah lagi menuju gelar sarjanaku. Selangkah lagi. Tapi kedua orangtuaku rupanya tega merusak momen itu.
Jadi sekarang, di sinilah aku berada. Di rumah aneh yang dihuni oleh 4 bersaudara yang sama anehnya: Regan, Romeo, Rex dan Rafael.
Aku, yang awalnya berpikir akan bekerja sebagai babysitter, dijebak oleh kontrak sepihak dan malah dijadikan pembantu.
Terdengar klise? Mungkin, bagimu. Bagiku? Musibah!
Ini, adalah kronik dari kehidupanku yang mendadak menjadi ribet.
Kronik dari seorang Audy."

Awal baca judulnya (yang terlihat di Twitter sang penulis saat novel ini belum terbit), aku pikir novel Kak Orizuka yang terbaru ini akan menceritakan genre baru: fantasi, yang selama ini tidak pernah dibawakannya. Dan setelah aku baca sinopsis dan teaser-teaser setelahnya, aku baru tahu kalau aku kepengaruh sama film Narnia.

I've been following Kak Orizuka since 'Summer Breeze' (2006), salah dari karyanya yang difilmkan. Saat itu aku masih duduk di bangku SMP. Namun karena aku harus pindah kota ke Muara Enim (Sumatera Selatan) karena urusan keluarga, dan 'kota' yang dimaksud di sini adalah kota yang agak terpencil dari ibukota (Palembang) and that means no Gramedia or big bookstore, dan ditambah lagi dengan uang saku anak SMP yang tidak seberapa, I lost contact with her books. Dan mulai mengikutinya lagi ketika 'High School Paradise' walaupun masih ada saja beberapa karyanya yang missed.

Dan since the first time I met her books, aku tidak pernah kecewa dengan karya-karyanya. Karya-karya yang dibuat Kak Orizuka ini entah kenapa selalu memenuhi ekspetasiku, begitu juga dengan ekspetasi para penggemarnya. Gaya bahasa yang ringan dan komikal dalam karyanya kali ini bisa membuatku mantep di kamar kost dan enggak dateng ke kampus pagi hari ini! (Well, jadwal kuliahku memang jam setengah dua siang, sih.)

Diceritakan tentang Audy Nagisa, cewek yang berkuliah di UGM, jurusan Hubungan Internasional. Hidupnya menjadi benar-benar terbalik karena orangtuanya terperangkap bisnis penanaman modal/investasi abal-abal yang mengakibatkan keluarganya jatuh miskin. Ibunya pun tidak menyuruh pulang ke rumahnya di Serang saking miskinnya!

Ditambah dengan beban skripsi yang kini menghantui Audy. Well, I know your feeling, Kak Dy.

Bermodalkan ponsel layar warna monokrom butut - yang sempat habis pulsa, pula! - ia menelpon orang yang memasang iklan babysitter pada suatu koran. Dan di sanalah ia sekarang: rumah dengan para penghuniya yang aneh, dengan kotak pos bertuliskan 4R, mewakili nama penghuninya: Regan, Romeo, Rex, Rafael.

Dan kronik Audy pun dimulai dari sini.

Buku ini benar-benar menghibur. Selain karena kertas bagian luarnya bewarna pink (aku suka pink!), pembatas buku yang disuguhkan pun adalah sketsa dari salah satu 4R. Berasa beli album artis Kpop dan dapet photocard, deh.

Alurnya menarik! Tak melulu ketawa karena tingkah para tokohnya, perasaan pembaca juga dibawa naik turun dengan konflik-konflik menarik di dalamnya.

Tapi, yang mengecewakan di sini satu: ending-nya gantung dan nanggung.

Kenapa?

Mau tahu?

.
.
.

Soalnya buku ini bakal ada sequel-nya!

Yap! The Chronicles of Audy yang terbit bulan Juli lalu ini adalah Book 1. Dan semoga saja sequel-nya cepat terbit. Dan semoga saja bakal lebih banyak tingkah yang mengocok perut sekaligus konflik yang lebih nyess dari buku pertamanya ini.

Buku ini sangat direkomendasikan untuk semua umur. Tapi jangan kasih ke balita yang baru belajar baca, ya.

By the way, aku dapet pembatas buku dengan sketsa baby Rafael. Imut! Tapi maunya dapet yang Regan, sih. : |


My 'The Chronicles of Audy - 4R' with Rafael photocard (?)

2 komentar: